Apa Sih Maksud Kata Sombong itu ?

ax

Setiap kata yang keluar dari mulut seseorang tentu saja ada makna yang tersirat. Kata yang sudah terucap bukan asal diucapkan tanpa maksud.

Setiap kata mengandung jutaan arti yang menggambarkan situasi dan kondisi kata itu sendiri dan maksud tertentu. Belum lagi setiap kata akan berubah makna dan arti bila disisipi intonasi.

Salah satu kata yang multi tafsir, multi arti, sehingga menimbulkan ambiguitas, keragu-raguan untuk memaknainya.

Seperti kata SOMBONG.

Bagaimana menjelaskan kata sombong yang memiliki konotasi negatif ?

“Kamu sombong, baru punya satu mobil sudah bergaya seperti orang kaya.”

Banyak contoh-contoh kalimat yang terselip kata sombong menjadi berkonotasi buruk, negatif.

Sombong adalah jati diri, sombong adalah karakter, sombong adalah kekuatan, ketangguhan, keberanian untuk menunjukkan siapa diri kita kepada lawan.

Sombong diperbolehkan selama sombong itu sendiri untuk kepentingan diri kita, bukan untuk dipamerkan, dipertontonkan, atau mencari nama !

Yang tidak boleh adalah menyombongkan diri untuk merendahkan orang lain atau menghina.

Lihat saja tentara yang berjalan gagah, dada membusung ke depan, berjalan dengan kepala tegak. Lihat saja Polisi dengan pistolnya nampak gagah dan keren.

Lihat saja peragawati atau seorang model yang sombong dengan kecantikkannya, kemolekkkannya yang ditunjukkan kepada jutaan orang.

Sombong boleh selama sesuai dengan kenyataan, sesuai bukti, sesuai dengan penampilan diri sendiri, sesuai dengan apa yang kita bisa, kita miliki BUKAN dengan maksud menghina.

Sombong seperti memamerkan harta benda kepada kaun miskin, bergaya dan menari diatas penderitaan orang lain, pamer kecantikan dan kesexian kepada kaum cacat fisik.

Menyombongkan diri TANPA ada orang yang memintanya untuk menunjukan kelebihan yang dimilikinya. DI LARANG Menyombongkan diri selama bertujuan menghina, merendahan harga diri orang lain.

TANPA SADAR BANYAK DIANTARA KITA MENYOMBONGKAN DIRI KETIKA MEMILIKI KELEBIHAN YANG TIDAK DIMILIKI ORANG LAIN. HANYA TIDAK MAU MENGAKUI.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s