Ngomong Berbeda Dengan Komunikasi

aier

Banyak orang yang tidak paham, tidak mengerti persoalan komunikasi.

Selama ini kalau kita melihat orang omong-omongan, ngobrol, belum tentu terjadi proses komunikasi. Persepsi orang lebih banyak salah, keliru, salah paham tentang persoalan komunikasi.

Omong-omongan atau ngonbrol belum dikategorikan sebuah bentuk komunikasi.

Mengapa karena belum tentu ada proses komunikasi timbal balik. Begini jelasnya kalau ada dua orang ngobrol belum tentu satu dengan yang lain saling mengerti atas apa yang diomongkan.

Kadang orang pokoknya ngomong dan ngomong tidak peduli apakah lawan bicaranya mengerti apa yang diomongkan atau tidak. Pokoknya ngomong selesai.

Setelah itu tidak ada solusi atas apa yang diomongkan. Entah mengerti atau tidak pokoknya omong saja apa yang ada d hati dan pikiran.

Semua itu bukan komunikasi. Komunikasi sebuah proses yang timbal balik, saling mengerti, saling memahami, saling mendengar, dan menyimak serius apa yang diomongkan.

Jadi bukan ngomongkan diri sendiri, tidak peduli apakah yang diajak ngomong itu suka atau tidak, betah atau tidak, ngerti apa tidak, mau atau tidak ?

Untuk apa ngomong diri sendiri apabila lawan bicara merasa untuk senang ! Merasa terpaksa, merasa benci, merasa tidak suka namun diam saja karena sudah kenal !

Jadi POINT PENTING HARUSLAH MENGERTI SEBELUM NGOMONG SIAPA LAWAN BICARA KITA ! Jangan mngumbar omongan yang tidak diperlukan oleh lawan bicara.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s