“Joko, Aku Polisi” hal 14

azs

alls

Beberapa teman papa telah meninggalkan hotel, ada yang kembali ke kampus dan pulang ke rumah masing-masing. Meski ada yang ingin mengantarkannya tapi dengan tutur kata yang lembut papa menolaknya.

Alasan papa ingin istrirahat sebentar di lobby sambil menikmati suasana hotel berbintang lima. Sejak pagi mengikuti acara seminar begitu membosankan karena topik pembahasan tidak revelan dengan kondisi di Surabaya. Topiknya yaitu memberantas tindak kejahatan jalanan dengan memasang CCTV di setiap sudut atau perempatan jalan utama.

Pikir papa tindak kejahatan tidak bisa di selesaikan secara teknis semata tapi juga dengan pendekatan non teknis, keduanya harus seimbang. Mustahil hanya membahas kejahatan vs teknologi! Semakin canggih alat teknologi semakin canggih pula tindak kejahatan. Segala tindak kejahatan memiliki banyak unsur-unsur yang saling terkait misalnya ekonomi, budaya, sosial dan lingkungan.

Pada pada dasarnya kejahatan terjadi bisa berlandaskan pada rasa kekurangan, kemiskinan yang amat sangat sehingga memunculkan rasa rakus dan serakah. Egois, mementingkan diri sendiri yang memunculkan tingkah laku jahat.

Akibatnya memiliki sifat kejam, berani berbuat salah, berani mengambil berkahnya orang lain. Namun tiada teori yang benar bahwa tindak kejahatan dasarnya kemiskinan. Karena pelaku tindak korupsi dilakukkan oleh orang-orang kaya, berpendidikan tinggi, di swasta atau institusi pemerintah! Di benak papa tindak kejahatan berasal dari hati atau pikiran, bagaimana kita mengontrol agar tidak lepas kendali.

Tindak kejahatan tidak dimonopoli oleh orang bodoh tapi juga orang pintar. Artinya kejahatan bisa dilakukkan oleh siapa saja tanpa mengenal kelas apakah dia kaya, miskin, bodoh, atau pintar!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s