Novel Pembunuhan hal 31

sf

Joko, Aku Polisi

hal 31

Ada puluhan pertanyaan menyusul bila hal tersebut di lakukkan. Uang sudah menjadi perhitungan matang, tidak sekedar memberi namun bukan berarti harus demkian yang terjadi. Ini adalah kenyataan.ā€

Kemudian papa dan mama memahami, mengerti arti dan makna sebuah persaudaraan. Setiap kali kakek bercerita mereka berdua tidak pernah merespon negatif, justru papa selalu memperhatikan segala ucapan kakek bila berkaitan dengan arti kehidupan. Kakek tiada lelah selalu memberikan nasehat khususnya tentang makna persaudaraan. Tujuannya agar saling memahami jauh dari perselisihan di kemudian hari.

Kakek memiliki pengalaman sangat pahit tentang hal seperti ini. Sebenarnya ada dua macam persaudaraan yaitu karena lahir satu ibu dan saudara batin atau tiri satu bapak beda ibu. Kedua-duanya bisa langgeng bersaudara atau bisa juga tidak. Relasi hubungan antara saudara terjadi sangat erat bilamana ada kejujuran, saling mencintai dan menghargai sebuah relasi. Siapa saja bisa bersaudara dengan orang lain meski bukan satu ibu.

Tetapi bila itu semua tidak ada di hati maka persaudaraan pasti luntur, hancur berantakan berakibat bisa berperang, membenci satu sama lain, bahkan banyak contoh saudara kandung bisa saling membunuh ketika merebutkan sebuah warisan orang tuanya! Karena persaudaraan bukan di karenakan membutuhkan uang!

Uang tidak memiliki arti apa-apa apabila terkait dengan persaudaraan, cinta dan kasih. Ketiga tidak akan bisa dinilai dengan uang. Memang benar uang memiliki kekuasan dan kewenangan absolut di dunia ini. Segalanya yang ada di dunia ini bisa dibeli dengan uang akan tetapi hanya yang terbuat dari ciptaan manusia itu sendiri.

Misalnya harta benda barang mewah, pesta pora kesenangan di hotel, perhiasan. Apabila seseorang yang kaya raya di dunia ini, bisakah dia dengan bebas membeli cinta kepada setiap gadis yang menjadi dambaannya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s