Novel Pembunuhan hal 42

abmx

Joko, Aku Polisi

hal 42

Papa sering mengatakan di sela-sela makan malam diriku dan Crist yaitu bila kita tidak dapat mengubah lingkungan di mana kita bertempat tinggal, maka kitalah yang merubah diri kita agar tetap bisa eksis, harmoni dalam kehidupan ini.

Misalnya bila kita hidup di pantai maka kehidupan kita menyesuaikan dengan alam sekitar yang berupa pantai dan laut. Kehidupan membutuhkan kearifan lokal untuk hidup harmonis dengan alam. Di lokalisasi pun sama berlaku prinsip yang sama yaitu membutuhkan kearifan lokal dan harmonisasi dengan lingkungan, komunitas yang berbeda penuh kepentingan yang tdiak jelas.

Misalnya pengunjung yang satu dengan yang lain tentu memiliki tujuan yang berbeda! Papa selalu mengajak kami berdua berbagi informasi dan saling komunikasi timbal balik, mengajak berdiskusi meski umur kami masih muda belia. Kamipun berani terbuka mengungkap berbagi ide, saran, kritik terbuka, keinginan, cita-cita.

Mama juga membiasakan kami selalu terbuka akan segala persoalan yang kami perolah dari sekolah. Sejak kecil papa dan mama kerap kali memberikan motivasi untuk mengenal komunikasi keluarga yang jujur dan terbuka.

Sejak masih di sekolah dasar papa dan mama tidak henti-hentinya memberikan wawasan luas tentang lingkungan di mama kita tinggal. Kadang mama dan papa bercerita tentang kehidupan anak pantai.

Bagaimana menjalankan kehidupan harmonis sebagai anak pantai. Sebagai perbandingan bahwa lingkungan tidak selalu harus ditakuti justru layak untuk dikagumi akan kehebatan ciptaan Tuhan. Alam pasti memberikan segala-galanya bagi umatnya selama tidak melakukkan kerusakan yang menyakiti. Tak jarang terjadi bencana alam karena ulah manusia bukan karena gejala alam. Alam selalu memberikan rahmatnya namun manusialah yang kerapkali merusak dan menyakiti!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s