Novel Pembunuhan hal 61

ahr

Joko, Aku Polisi

hal 61

“Kakek, kalau ada orang atau teman misalnya yang menantang kita berkelahi atau ada yang mencari gara-gara dengan teman sekampung atau teman sekelas, apa kita perlu minta maaf atau justru meladeninya?” tanyaku lebih serius.

Kakek tersenyum kepada kami berdua.

“John dan Joko dengerin, pasang telingga baik-baik, jangan sekali-sekali mencari masalah di dunia ini. Lebih baik mengalah daripada kalah. Biarkan saja mereka menatang duel, minta maaf kalau kalian merasa salah. Mencari masalah sama dengan dunuh diri. Itu namanya konyol, gampang tapi menyakitkan.
Pepatah mengatakan ada api ada asap. Artinya setiap masalah ada sebab akibatnya. Kalau kita yang salah terlebih dahulu ya…minta maaf dan tidak mengulanginya lagi. Buat apa cari asap, selama kita aman-aman saja, kan tidak perlau memakai kekuatan otot. Kalau ada lawan yang berbuat salah kepada kalian berdua ya..kita beri maaf. Selesai.”

”Jadi intinya kita tidak harus melawan. Kalau diserang terlebih dahulu bagaimana, apakah kita diam saja kek?” Joko bertanya dengan raut muka penasaran Mungkin Joko kurang berkenan dengan penjelasan kakek.

”Nah…itu lain persoalan Joko. Tentu kita harus membela diri tapi tidak perlu sampai menghancurkan lawan. Cukup membuat lawan lumpuh. Misalnya Joko diserang oleh teman karena masalah sepele. Ya.lawan aja kalau berani dan mampu melawan jadi tidak aal meladeni. Tapi tidak boleh sampai lawan cidera parah atau sampai cacat tubuhnya.

Jadi maksud kakek jangan pernah mendahului lawan. Kita harus menunggu dan mencari solusi setiap persoalan. Jadi tidak harus keluar keringat tapi keluar ide dan solusi agar kita damai. Kita harus kasih kepada sesama. Atau kalau lawan sudah menyerah dan meminta maaf kita harus secepatnya memaafkannya. Tidak usah diperpanjang lagi masalahnya.”

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s