Novel Pembunuhan hal 114

ahe

Joko, Aku Polisi

hal 114

” Setiap orang sebenarnya tidak ada bedanya. Secara fisik mungkin sama cuma yang membedakan cara oleh pikir, cara melihat, memahaminya sebuah kejadian dan bagaimana ia mengolah dalam pikirannya. Semuanya sanga ttergantung oleh kepribadian, kinerja pikiran, dan pengalamannya. Nah…perbedaan olah pikir ini yang mengakibatkan terjadi perbedaan banyak hal dalam menjalin relasi dengan banyak orang.

Salah satu buktinya yaitu terjadi perbedaan kaya miskin, tuan dan babu, bawahan dan atasan. Perbedaan itu adalah hasil oleh pikir dari setiap pribadi seseorang. Tuhan tidak pernah bersikap demikian kecuali perbuatan manusia itu sendiri. Sikap membeda-bedakan adalah salah satu sikap dasar manusia. Diskriminasi salah satu sifat terburuk yang pernah ada di dunia ini. Karena rasa iri dengki, culas, serakah, mau menang sendiri sehingga perbedaa itu ada. Sudah menjadi sikap dasar manusia. Sejak ada manusia pertama di bumi ini telah telah terjadi diskriminasi yaitu manusia terkotak-kotak dalam pikiran masing-masing.” petuah-petuah kakek sangat memberikan arti yang mendalam bagi kami semua.

Kebiasaan ini setelah makan malam bersama. Beliau kerapkali memberikan motivasi hidup. Memberikan nilai-nilai terbaik bagu cucu-cucunya. Kami berdua jarang menjawabnya tapi justru beliau meminta kami unutk menerungkan dan melaksanakannya bila sudah mengerti. Kami jarang memberikan komentar tapi hanya menyimak baik-baik.

Bahkan papa dan mama menyimak baik-baik setiap kali kakek berceramah. Kakek termasuk kakak tertua dari enam bersaudara dan paling miskin diantara saudara-saudaranya. Hanya kakek yang menikah dengan perempuan etnis Jawa.

Sejak pernikahan dengan suku jawa, persaudaraan kakek dengan yang lain menjadi rengang dan tidak akur lagi. Kakek yang bernama asli TEE TJUNG LIM merupakan generasi ke tiga dari buyut. Hanya kakek yang merupakan satu-satunya warga keturunan China di PUTAT JAYA TIMUR gang II.

Ketika di kubur di kuburan Putat Jaya tak satupun dari saudara kakek yang datang meskipun aku telah menghubunggi via telp rumah. Aku maklum sebelumnya memang hubungan kekeluargaan kakek tidak bagus. Papapun menyadari hal ini. Mungkin keluarga kami masih terbilang misking di bandingkan dengan mereka!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s