Novel Pembunuhan hal 130

ack

Joko, Aku Polisi

hal 130

Kalau kakek sering memberikan ceramah tentang sikap dan perilaku, kalau nenek sering bercerita tentang desa, alam, hutan, binatang dan suka mendongeng tentang kisah kepahlawanan misalnya pangeran Diponegoro.

Nenek sering mendongeng ketika aku masih SD. Bahkan sudah besarpun nenek tidak pernah lepas mendongeng atau mencaritakan kehidupan harmonis antara manusia dengan lingkungannya. Nenek paling benci melihat berita di tv tentang pengundulan hutan di Kalimantan atau di Sumatera, perburuan dan perdagangan hewan langka.

Nenek sering berpesan .” Bahwa kita hidup didunia ini tidak hanya dengan manusia saja tetapi dengan semua mahkluk ciptaanNya. Kitapun dibatasi atas ekploitasi dan ekplorasi alam dan sesisinya. Apa yang terjadi bila tanpa batas kita mengeruk hasil alam? Yang ada hanya kehancuran alam dan pada akhirnya juga pada kehancuran kemanusian. Hal ini menimbulkan krisis kemanusian.

” Apa yang diceritakan oleh kakek dan nenek kepada aku atau Cris selalu kuingat sampai sekarang. “ Kakek dan nenek sering memberikan petuah kepada kami berdua agar sanggup memahami bahwa perjalana hidup ini penuh tantangan dan cobaan.

Kakek dan nenek hanya sampai menamatkan sekolah sampai SMP saja. Akan tetapi cara berpikirnya dinamis selalu mengikuti perubahan dan perkembangan jaman. Kakek gemar membaca sehingga nenekpun mengikuti kebiasaan kakek. Memang kami sekeluarga suka membaca Koran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s