Novel Pembunuhan hal 139

acc

Joko, Aku Polisi

hal 139

”Tindakan korupsi adalah sama dengan perbuatan maling, tindakan merugikan siapapun, mengambil uang yang bukan haknya. Uang rakyat selalu menjadi uang pemanis bagi mereka. Hati nurani mereka telah berwarna hitam, hanya pelor yang dapat menghentikkannya. Hukum penjara tidak sanggup menyembuhkan penyakit korupsi. Kata bapakku korupsi di Indonsia terjadi ketika VOC Belanda melakukan perdagangan komoditas hasil bumi. Anggota dewan itu digaji oleh uang rakyat kok justru diembat ramai-ramai, bajingan.

Mereka tak pernah puas menghisap uang rakyat demi kepentingan pribadi atau kelompok. Rakyat dibiarkan kelaparan. Betul-betul penjajahan dari bangsanya sendiri. Sampai kapan korupsi ini bisa di minimalkan baik jumlah orangnya dan duitnya? Aku selalu ebrusaha mencari metode yang tepat mencegah korupsi.”

Kata-katanya bersemangat. Joko nampak geram sekali sampai tangannya langsung meninju keatas sambil mata tertuju ke langit biru. Ekpresi Joko seakan-akan ingin meninju para koruptor.

Aku paham kalau dia ingin memberantas korupsi di negeri ini. Korupsi sebagai “virus HIV Aids” yang tidak nampak perubahan dari luar tapi dari dalam justru mematikan, membahayakan bagi kelangsungan hidup rakyat banyak. Sampai saat ini belum ada obatnya. Ya..mirip korupsi yang terjadi di negaraku. Kata-kata itu selalu terucap bila kami membahas sebagian dari permasalahan bangsa ini.

Joko memperhatikan masalah sosial salah satunya adalah korupsi dan pendidikan. Salah satu cara mencerdaskan bangsa adalah pendidikan gratis atau murah bagi yang tidak mampu agar mampu menuntaskan segala permasalahan bangsa agar terlepas dari kemiskinan. Korupsi adalah salah satu “penyakit” dibumi pertiwi yang sangat sulit untuk diberantas.

Pendidikan murah merupakan solusi bagi rakyat memperoleh hak tentang ilmu dan informasi. Salah satu mata pelajaran korupsi selayaknya sangat diperlukan agar anak didik mengetahui apa itu korupsi!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s